Thread Rating:
  • 4 Vote(s) - 2.75 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Betutu, Ikan Tawar Yang Harganya Rp.150.000,- perkilo
#1
Betutu, Ikan Tawar Yang Go International
Andi Saputra - detikNews
[Image: ikan-dl.jpg]
Ikan Betutu
Kutai Kertanegara - Sungai Enggelam perlahan mulai mengecil. Di kanan-kiri pohon mulai rimbun serta air nampak deras mengalir. Di beberapa sudut, nampak rumah-rumahan kecil mengapung dengan keramba di sekelilingnya.

“Ini tempat beternak ikan. Lumayan, sudah dipasarkan hingga luar neger seperti Jepang,” kata Ramsyah yang juga mantri desa di desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara kepada detikcom, Jumat, (23/4/2010).

Warga menangkar ikan air tawar seperti ikan Baung, ikan Lais dan Ikan Betutu. Ikan Betutu menjadi ikan favorit untuk dijadikan ikan asap. Sedangkan ikan Betutu, menjadi ikan favorite warga karena dijual hingga ke luar negeri dengan harga selangit.

“Ikan Betutu kalau dijual perkilonya antara Rp130-Rp 150ribu. Pangsa pasarnya Jepang,” tambahnya.

Ikan ini diambil dari Danau Semayang ketika surut dengan berat 2 ons. Lantas dikembangbiakan selama 1,5 tahun di sungai dalam keramba. Ikan tersebut butuh oksigen yang banyak sehingga butuh arus air yang deras. Memasuki masa panen, 2 keramba bisa memperoleh 2 pikul seberat kisaran 200 kg.

“Kalau yang beli dari orang Samarinda lalu di jual ke luar negeri,” bebernya.

Ikan tersebut berwana hitam seperti ikan gabus. Rasanya manis dan daging empuk serat lembut. Makanannya Ikan Betutu adalah ikan kecil-kecil. “Kalau sekali panen memang lumayan. Tapi kan pengeluaran hidup di sini juga besar,” tambah putra daerah tersebut.

Adapun Ikan Baung, favorit dijadikan ikan asap. Setelah dibelah dua, ikan
tersebut dipanggang dengan jarak 1 meter selama 2 hari 2 malam. Selain menambah cita rasa, pengolahan ikan asap juga menjadikan awet untuk beberapa pekan. Ikan yang awalnya seberat 5 kg, setelah diasap menjadi 1 kg.

http://www.detiknews.com/read/2010/04/26...ernational-
Reply
#2
bisa jadi bisnis baru nih......
Reply
#3
mahal bener?? punya keistimewaan gak kok bisa mahal gitu?
Reply
#4
(26-04-2010, 11:46 AM)Bojesss Wrote: mahal bener?? punya keistimewaan gak kok bisa mahal gitu?

rasanya enak banget...
gak tau khasiatnya apa..
di palembang udah langka bgt nih ikan
Reply
#5
nama lain ikan ini apa ya ?
ada yang tau ???
Reply
#6
(26-04-2010, 01:39 PM)Ketua Wrote: nama lain ikan ini apa ya ?
ada yang tau ???

Betutu (Oxyeleotris marmorata) adalah nama sejenis ikan air tawar. Meskipun agak jarang yang berukuran besar, ikan yang menyebar di Asia Tenggara hingga Kepulauan Nusantara ini digemari pemancing karena betotan (tarikan)nya yang kuat dan tiba-tiba.

Nama-nama lainnya di pelbagai daerah di Indonesia adalah bakut, bakutut, belosoh (nama umum), boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris disebut marble goby atau marble sleeper, merujuk pada pola-pola warna di tubuhnya yang serupa batu pualam kemerahan.
Reply
#7
sebagai informasi : kalau mau mencari ikan betutu yang banyak, di daerah waduk bade karanggede boyolali
Reply
#8
kalau di java namanya apaneh..ikan boso kali yah..apa kutuk??
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Sadis ! Bermodalkan 2.000 perak , Kuli Tambang Ini Leluasa Menyetubuhi Bocah 6 Tahun gbookie 0 219 28-05-2016, 05:25 AM
Last Post: gbookie
  [Infografik] Ikan Indonesia melimpah, Konsumsi Perlu Digalakkan firmanway5 0 176 19-05-2016, 05:56 PM
Last Post: firmanway5
  Jika Target Listrik 35.000 MW Tak Tercapai, Menteri Bappenas Salahkan PLN firmanway5 0 165 17-05-2016, 02:49 PM
Last Post: firmanway5

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)
Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2014 by Adimin | Fan Page | Group | Twitter | Google+ | Instagram