Thread Rating:
  • 6 Vote(s) - 2.83 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
ANGKA ROMAWI
#1
Angka Romawi ada di mana- mana! Di jam, di bab buku pelajaran, di papan skor pertandingan olahraga, dan lain- lain. Dari mana sebenarnya nih angka berasal?

ASAL – USUL ANGKA ROMAWI

Menurut sejarah, angka romawi sudah ada sejak jaman romawi kuno. Awalnya system perhitungannya diadaptasi dari system perhitungan milik bangsa Etruscan. Begitu juga dengan angka- angkanya, mirip sekali dengan angka- angka milik bangsa Etruscan (disimbolkan berdasarkan huruf dan gambar).
Namun, berhubung angka- angka Etruscan susah untuk ditulis maupun di baca, akhirnya pada abad pertengahan angka romawi di sederhanakan. Contoh dalam bahasa Etruscan tertulis angka- angka : I ^ X П 8 П . nah, dalam deretan angka romawi yang baru angka –angka itu berubah menjadi : I V X L C M.

Angka romawi hanya terdiri dari 7 nomor dengan simbol huruf tertentu di mana setiap huruf melambangkan / memiliki arti angka tertentu, yaitu :

I atau i untuk angka satu / 1
V atau v untuk angka lima / 5
X atau x untuk angka sepuluh / 10
L atau l untuk angka lima puluh / 50
C atau c untuk angka seratus / 100
D atau d untuk angka lima ratus / 500
M atau m untuk angka seribu / 1000

Beberapa kekurangan atau kelemahan sistem angka romawi, yakni :
1. Tidak ada angka nol / 0, angka 0 diganti jadi huruf N. huruf N itu singkatan dari Nulla, sebuah kata dalam bahasa latin yang memiliki arti Nothing alias nggak ada.
2. Terlalu panjang untuk menyebut bilangan tertentu
3. Terbatas untuk bilangan-bilangan kecil saja

Untuk menutupi kekurangan angka romawi pada keterbatasan angka kecil, maka dibuat pengali seribu dengan simbol garis strip di atas simbol hurup (kecuali I).

V atau v dengan garis di atas untuk angka lima ribu / 5000
X atau x dengan garis di atas untuk angka sepuluh ribu / 10000
L atau l dengan garis di atas untuk angka lima puluh ribu / 50000
C atau c dengan garis di atas untuk angka seratus ribu / 100000
D atau d dengan garis di atas untuk angka lima ratus ribu / 500000
M atau m dengan garis di atas untuk angka satu juta / 1000000

Metode / Teknik Penomoran Angka Romawi :
1. Simbol ditulis dari yang paling besar ke yang paling kecil
2. Semua simbol besar ke kecil dijumlah kecuali kecil ke besar berarti ada pengurangan.

Reply
#2

iya nih.....
kalau nulis pakai angka romawi emang ribet banget.... Pusing
ga praktis sama sekali....

paling² penggunaannya untuk angka yang kecil² aja ...
Reply
#3
Kalo pengurangan, ditaruh di depan angka yg dikurangi, gitu kan? Think
Reply
#4
ribet aja masih dipelajari... Ngakak
Reply
#5
(28-04-2011, 10:33 AM)miskol Wrote:

iya nih.....
kalau nulis pakai angka romawi emang ribet banget.... Pusing
ga praktis sama sekali....

paling² penggunaannya untuk angka yang kecil² aja ...

(28-04-2011, 10:40 AM)Bo_JeSS Wrote: Kalo pengurangan, ditaruh di depan angka yg dikurangi, gitu kan? Think

ho;oh Blah

(28-04-2011, 10:49 AM)eniqma Wrote: ribet aja masih dipelajari... Ngakak

itulah manusia ,,,udah ada yang simple,tapi masih suka nyari nyari yang ribet Ngakak
Reply
#6
oh,dasarnya penulisan angka romawi dari simbol ya?
Tp ko' simbolnya bisa berupa abjad konsonan kaya gitu..?
Berarti yg menemukan hurup abjad konsonan & (mungkin) vokal,asalnya dari Romawi kuno juga ya ndan..?

Tanya kenapa?? Think
Reply
#7
kembali lagi ke nasib awal manusia, bahwa sesuatu yang aneh dan membingungkan, itulah yang lebih menarik untuk dipikirkan TongueTongueTongue


seperti, kenapa sih olip itu termasuk golongan pemanis?

Think

pasti banyak yang bertanya tanya Blah
Reply
#8
angka romawi ditulis pake huruf... berarti huruf lebih dulu ada dari angka romawi??? Confused
ato yg bikin huruf2 kehabisan ide pas bikin huruf2 utk I V X L C M terus ngambil dari angka romawi??? Confused


Peace
Reply
#9
Kalau :

I V 4 N

itu berapa ???

Big Grin
Reply
#10
(03-05-2011, 12:05 AM)Ketua Wrote: Kalau :

I V 4 N

itu berapa ???

Big Grin

harus di kaji dulu nih Think
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Berkenalan Dengan Angka TUHAN pitbull 0 919 24-12-2014, 06:18 PM
Last Post: pitbull
  Soeharto dan MIsteri Angka Setan 666 shark_ 19 7.642 27-11-2013, 02:46 PM
Last Post: onetwobet
  Keajaiban dari Angka 1-10 Dalam Bahasa Indonesia yuanto 9 1.139 24-12-2011, 10:11 PM
Last Post: Malakia

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)
Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2014 by Adimin | Fan Page | Group | Twitter | Google+ | Instagram