Thread Rating:
  • 14 Vote(s) - 2.86 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
BBM Air Seni
#1
[Image: ist2_2575753-3d-boy-pee.jpg]

Teknologi mengkonversi urin jadi BBM tengah serius diteliti di Belanda....

Di Indonesia?
Think

klik

VIVAnews - Gas air mata dan lemparan batu bersahutan di depan Gedung DPR RI, 30 April Jumat pekan lalu. Di Jakarta, Medan, Makassar, dan kota-kota lainnya ribuan demonstran mahasiswa dan buruh tumpah ke jalan, menentang rencana kenaikan harga BBM bersubsidi.

Di tengah hiruk-pikuk itu, tiba-tiba dari Belanda terdengar kabar ada penemuan baru. Para ilmuwan di sana tengah mengolah urin alias air seni alias air kencing manusia sebagai energi alternatif pengganti BBM.

Berita dahsyat itu pertama kali disiarkan oleh Radio Nederland. Para ilmuwan Negeri Oranye telah berhasil menguji kekuatan si “air kuning”. Kabarnya, hasilnya amat menjanjikan.

Adalah Universitas Teknologi Delft dan lembaga penelitian DHV yang mengembangkan teknologi pemrosesan urin ini. Baru-baru ini, mereka berhasil mendaftarkan paten temuan ini di China, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan Eropa. "Kami memproses urin yang dikumpulkan secara konvensional dan kimiawi," kata Andreas Glesen, Manajer Inovasi DHV Research.

Menurut Thiss Westerbeek, jurnalis Radio Nederland di Belanda, bahan bakar urin ini telah memasok energi setara 110 ribu Megawatt di 30 ribu rumah atau seluas satu kota kecil. Jika produksi urin ditingkatkan, para periset memprediksi daya yang dipasok bisa digenjot hingga lima kali lipat untuk jumlah rumah yang sama. Dan ini yang terpenting, tak cuma bisa dipakai untuk memasak, “energi kuning” ini dapat digunakan sebagai BBM alternatif untuk menggerakkan mobil bertenaga listrik.

Proses mengubah urin menjadi sumber energi alternatif ini cukup “sederhana”. Air seni mengandung senyawa amonia. Jika dipanaskan secara perlahan, urin akan berubah menjadi gas amonia. Gas tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sel bahan bakar (fuel cell), sejenis generator, dan kemudian digunakan untuk memproduksi energi lisrik.

Jika pasokan urin dijaga selalu tersedia, energi listrik pun bisa diproduksi terus-menerus, setiap saat. Inilah keunggulan teknologi ini dengan energi yang dikonversi dari angin dan matahari, yang amat bergantung pada kondisi alam.

Sudah begitu, bahan sisa pemrosesan urin, asam fosfat, juga bisa digunakan untuk membuat pupuk urea yang tak berbahaya karena tak mengandung bahan kimia.

Temuan ini akan dibuka untuk para investor. Meskipun biaya awalnya cukup tinggi —tak dijelaskan berapa-- namun investasi selangit itu diproyeksikan sudah akan kembali dalam waktu 8-10 tahun. Di Belanda, jangka waktu seperti itu dianggap masih masuk akal dan bisa diterima dunia bisnis. “Penelitian ini dibiayai oleh pemerintah,” ujar Thiis.

Keseriusan Belanda mengolah air seni bisa ditarik lebih jauh ke belakang. Seperti dilansir CSIR e-News, untuk mengambil kekuatan “si kuning”, sejak tahun 2006 mereka telah mengembangkan teknologi yang dapat memisahkan air dari urin di toilet. Teknologi ini dikembangkan Dr. Jac Wilsenach. Gelar doktornya dia dapat dari Universitas Delft.

“Kita harus melihat urin sebagai sumber daya ketimbang limbah,” begitu kata Wilsenach yang kini bekerja sebagai peneliti senior CSIR Natural Resources and Environment.

Menurut dia, sebagai limbah kebanyakan urin mengandung 80 persen nitrogen, 50 persen fosfat, dan 70 persen potasium. Untuk memisahkan zat-zat itu dari air urin diperlukan toilet pemisah khusus. Maka, dia pun menciptakan toilet spesial yang diberi nama “NoMix.” Kendalanya, untuk mendapat bahan baku urin segar, jutaan rumah harus dibuat untuk mengganti toilet lama mereka dengan Nomix. Ini tentu bukan pekerjaan mudah.

Wilsenach tak hilang akal. Bekerja sama dengan pemerintah lokal, dia akan memasang "NoMix" di tempat-tempat umum: di blok perkantoran, sekolah, mal, dan bandara. Di area publik itu urin melimpah ruah, dan selama ini terbuang percuma. Dari situlah terbuka lebar untuk memproduksi energi alternatif dari urin jadi terbuka lebar.


[hide]selanjutnya[/hide]
Reply
#2
kenapa pake HIDE bunda Blah
Reply
#3
(10-04-2012, 01:56 PM)Otonk Lennon Wrote: kenapa pake HIDE bunda Blah

kalo kata thread disebelah..

klik
gapapa... Rolleyes

Blah
Reply
#4
Wogh.........klo urine brarti bukan hanya urine manusia aja khan?
Karena saat ini disebagian desa di Indonesia juga di kembangkan pupuk dengan bahan dasar urine sapi.

Yang jadi masalah klo urinenya MAhO...........bisa mbrebet tuch motor Ngakak
Reply
#5
(10-04-2012, 02:05 PM)cumimaster Wrote: Wogh.........klo urine brarti bukan hanya urine manusia aja khan?
Karena saat ini disebagian desa di Indonesia juga di kembangkan pupuk dengan bahan dasar urine sapi.

Yang jadi masalah klo urinenya cowok...........bisa mbrebet tuch motor Ngakak

lho.. kenapa bisa jadi begitu? Confused
Reply
#6
(10-04-2012, 02:09 PM)5551272 Wrote: lho.. kenapa bisa jadi begitu? Confused

Ane td ngetik m4h0........Ngakak koq jd cowok ya..............wah iwak peyek nih mesti dijitak
Reply
#7
eanak juga kalo pake motor cowok,tinggal buka tangki..
Reply
#8
ayo rame rame kita kencing... wkwkkwkwkwkkwkw
Reply
#9
di indonesia?.....gak bakal laku ....yakin deh....lah indonesia lebih kapitalis di banding kapitalisnya sendiri,,,,,,kecuali kalo bisa di bisnisin tuh aer kencing Ngakak
Reply
#10
enak ni tinggal suuurrr....
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono Tak Akan Naikkan Harga BBM ongzko 12 2.049 11-09-2014, 11:28 AM
Last Post: the_shield
  PKS Tegaskan Tolak Kenaikan BBM putrangin 10 2.058 10-04-2013, 03:55 PM
Last Post: Herman Dexter
  Hugo Chavez Jual BBM Rp 207 per Liter H-peace 14 2.322 19-04-2012, 11:03 AM
Last Post: r10_4world

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)
Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2014 by Adimin | Fan Page | Group | Twitter | Google+ | Instagram