Thread Rating:
  • 10 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Perawatan Mobil
#1
Perawatan sistim Injeksi

Agar mobil tidak mudah mogok, lakukan perawatan pada system injeksinya

Ada kalanya mobil mogok disebabkan karena sistem injeksi bekerja tidak normal. Mungkin salah satu komponennya mengalami gangguan / kerusakan. Untuk itu servis rutin sistem injeksi setiap 5.000 km kudu dilakoni. Disamping itu perawatan yang dilakukan pada system injeksi akan menentukan kinerja mobil itu sendiri. Komponen apa saja yang perlu diservise ? :

• Saringan bensin

Komponen ini terdapat di ruang mesin dan terbuat dari logam. Saringan bensin yang kotor sebaiknya dibersihkan dengan bantuan angin bertekanan tinggi. Namun jika terlalu kotor sebaiknya ganti dengan yang baru. Karena jika dibiarkan saja dapat terjadi kerusakan yang merembet ke pompa bensin ditandai dengan timbulnya suara berisik yang bernada tidak stabil.

• Saringan udara

Mengingat fungsinya untuk menyaring kotoran dan debu dari udara , sehingga memberi kesempatan udara masuk lebih banyak ke ruang bakar. Terhambatnya udara akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan memboroskan bahan bakar. Karena berfungsi sebagai penyaring, tentu saja saringan udara ini harus bersih dari kotoran.

• Throttle Body

Komponen ini juga rentan terhadap kotoran. Akibatnya tarikan menjadi kurang responsive. Jika kotoran sudah menumpuk di bagian yang bernama throttle position sensor maka bisa menyebabkan putaran mesin menjadi pincang dalam keadaan stationer. Kebersihan throttle body berhubungan dengan kebersihan saringan udara karena sumber kotoran berasal dari udara yang terisap ke ruang bakar.

• Nosel Injektor

Lubang nosel yang kecil ukurannya dapat juga tersumbat kotoran / kerak. Sehingga semprotan bensin jadi kacau dan debitnya menjadi berkurang. Hal itu berakibat putaran mesin menjadi pincang dan tarikannya payah.

• Penyetelan CO

Lakukan penyetelan ulang di system pasokan bensin, udara dan pengapian. Gunakan pengukuran CO untuk mengetahui proses pembakaran di mesin apakah sudah efisien atau belum. Idealnya nilai CO harus di bawah 1%.

Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply
#2
Mengamati Batas Keausan Ban

Menipisnya telapak ban menyalahi pemakaian prosedur ban dan resiko ban pecah di jalan

Menipisnya telapak ban mempunyai resiko yang tinggi, selain menyalahi pemakaian prosedur ban resiko pecah di jalan bisa mengakibatkan kecelakaan. Hal itu karena pemilik mobil kurang memperhatikan batas ketebalan telapak ban. Oleh pabrik pembuatnya sebelum ban keausan setiap ban yang diproduksi diberi tanda khusus. Bagaimana mengetahui batas keausan ban ? Simak berikut ini :

* Tanda batas keausan ban bisa disimak pada sisi atau dinding ban berbentuk panah atau segitiga. Lebih dikenal dengan tread wear indicator (TWI). Pada sekeliling dinding ban tercantum 6 tanda tersebut yang menunjukkan batas keausan ban.
* Menurut Asosiasi Perusahaan Ban, batas minimal ketinggian telapak ban adalah 1.6 mm diukur berdasarkan kondisi permukaan ketebalan telapak yang rata dengan tanda TWI. Jika melewati batas tersebut ban sebaiknya diganti.
* Simbol keausan ban yang lainnya berbentuk benjolan yang terletak di dalam alur posisinya sejajar dan segaris dengan patokan tanda TWI. Simbol ini dimaksudkan sebagai tanda peringatan keausan ban yang diukur dari dasar telapak ban.
* Hal yang membahayakan bila sudah tampak lapisan serat benang atau baja. Hal ini bisa berisiko ban pecah ditengah jalan. Setidaknya ban diganti dalam jangka waktu setiap 60.000 km tergantung dari jam terbang kendaraan. Pada kondisi normal usia pemakaian ban rata-rata 2-3 tahun.
* Biasakan memperhatikan tekanan angin ban karena porsi isi angin yang benar akan meratakan keausan ban. Tekanan ban yang kurang mengakibatkan pengikisan pada kedua sisi ban atau volume angin yang berlebihan menyebabkan pergesekan besar pada bagian tengah telapak ban.

Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply
#3
Penyebab Air Aki Terlalu Cepat Berkurang

Apakah anda terlalu sering menambah jumlah air aki pada mobil anda? Kenali penyebabnya ..

Apakah anda terlalu sering menambah jumlah air aki mobil anda? Itu berarti ada yang tidak beres dengan aki mobil anda. Tanda-tandanya jumlah air aki mobil anda lebih cepat habis jika dibanding jumlah air aki mobil teman anda. Berikut ini beberapa penyebabnya :

* Ada kebocoran pada aki Apabila terdapat keretakan pada kotak aki maka air aki akan merembes ke luar. Dalam hal tersebut aki harus diganti atau direparasi.
* Aki dimuati melebihi batas. Hal ini karena penyetelan regulator tegangan kurang tepat sehingga pemuatan melampaui batas. Jika ini terjadi maka air aki akan menjadi panas sehingga air aki akan meluap dan mengalir ke luar melalui tutup-tutup aki. Dengan demikian maka air aki akan cepat berkurang dengan cepat. Disamping itu, lampu-lampu akan cepat mati dan kontak-kontak pemutus arus yang ada dalam distributor akan cepat menjadi kasar. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kirimkan kendaraan anda ke bengkel untuk diperbaiki.

Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply
#4
Penurunan Akselerasi Pada Mobil Solar

Penurunan akselerasi pada mesin berbahan bakar solar bisa disebabkan karena solar bercampur air dan kotoran. Akibatnya, pembakaran tidak sempurna sehingga mobil tersendat-sendat.



Endapan air dan kotoran yang terjadi di dalam saringan solar harus diperhatikan. Karena bila endapan sudah terlalu banyak dapat terbawa masuk ke system saluran bahan bakar sehingga pompa dan nosel injector mudah berkarat serta aus. Untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan membuang kandungan air yang sudah mencapai ambang batas melalui water sedimenter. Perhatikan caranya:



1. Lakukan pemeriksaan rutin kandungan air, sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km. Jika kurang dari batas itu, indikator sedimenter pada dasbor akan menyala.
2. Cara membuangnya kendurkan baut plastik di sebelah pompa tangan atau tepatnya disamping atas mesin. Buka baut plastik tadi seperlunya sampai cairan solar bercampur air menetes keluar.
3. Tekan pompa pembuangan dengan tangan ke atas dan ke bawah. Sambil memompa perhatikan cairan yang keluar dari sedimen, pertama kotoran lalu air.
4. Tadahlah buangan solar di baki penampung supaya tidak tercecer ke mobil. Karena jika tumpah, solar bisa membuat karet-karet / bushing jadi melar dan mengeras.
5. Setelah isi water sedimenter habis, putar tuas pompa melawan arah jarum jam untuk membuka kancing pompa agar kandungan air yang tersisa bisa keluar semua.
6. Kemudian tarik tuas pompa dan lakukan pemompaan secara teratur untuk membuang solar dan kotoran. Lakukan beberapa kali sampai benar-benar habis. Jika sudah yakin endapan telah habis semua kembalikan pompa ke posisi semula dan kunci kembali dengan memutar searah jarum jam.
Reply
#5
Pemeriksaan Minyak Pelumas Yang Kotor

Mengapa minyak pelumas yang baru anda ganti beberapa hari yang lalu cepat menjadi kotor?

Pernahkah anda mengalami minyak pelumas yang baru anda ganti beberapa hari yang lalu cepat menjadi kotor? Padahal menurut keterangan bengkel, minyak pelumas yang anda beli berkwalitas baik. Apabila minyak pelumas yang dipakai benar-benar berkwalitas baik, maka kemungkinan penyebab kerusakan tidak terletak pada minyak pelumasnya. Lalu apa penyebabnya? Perhatikan hal-hal di bawah ini :

* Minyak pelumas juga berfungsi membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida-oksida, karbon, dan kerak-kerak hasil pembakaran sehingga membawa kotoran-kotoran yang ada di dalamnya. Jadi kwalitas minyak pelumas juga menyatakan kemampuannya untuk membersihkan.
* Meskipun minyak pelumas menjadi kotor dengan cepat, tetapi minyak pelumas masih dapat dipergunakan asalkan kekentalannya tidak banyak berubah.
* Namun demikian, apabila di dalam minyak yang kotor terdapat butiran-butiran halus yang mengkilap, maka minyak pelumas harus cepat diganti. Hal tersebut menunjukkan adanya serbuk logam yang terjadi karena adanya keausan dari bantalan-bantalan, dinding silinder serta bagian-bagian mesin lainnya. Apabila minyak pelumas tersebut masih dipakai juga, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan yang lebih berat.
* Khusus pada mesin yang dalam keadaan baru, atau apabila beberapa bagian mesin diganti dengan yang baru misalnya dinding silinder, torak atau bantalan-bantalan, maka dalam keadaan seperti itu bagian-bagian tersebut masih harus menyesuaikan diri satu sama lain. Oleh karena itu akan terjadi penyesuaian sehingga minyak pelumas akan mengandung serbuk-serbuk logam. Hal inilah yang menyebabkan mengapa penggantian minyak pelumas dalam tahap-tahap awal harus dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.


Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply
#6
Cara Memeriksa Tekanan Ban

Periksalah tekanan ban pada waktu-waktu tertentu dan tambahkanlah udara apabila diperlukan.

Tekanan ban harus sesuai dengan yang telah ditetapkan. Periksalah tekanan ban pada waktu-waktu tertentu dan tambahkanlah udara apabila diperlukan. Berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan sehubungan dengan tekanan ban pada kendaraan anda :

* Pemeriksaan tekanan ban dapat dilakukan dengan alat pengukur tekanan ban. Tambahkan udara apabila diperlukan sesuai ukuran yang tepat.
* Tekanan ban yang terlalu tinggi dapat menimbulkan perasaan kurang nyaman, dapat menyebabkan keausan yang terlalu cepat pada bagian tengah dari puncak ban dan mempercepat kerusakan-kerusakan pada beberapa bagian dari kendaraan (terutama di tempat-tempat sambungan).
* Tekanan ban juga jangan terlalu rendah, bagian tepi dari puncak ban akan menjadi aus terlebih dahulu. Pada waktu kendaraan bergerak dinding sisi dan sirip ban akan tertekuk atau tertarik sehingga ban akan bertambah besar, sehingga pemakaian bahan bakarnya akan bertambah banyak dan penyetirannya lebih berat.
* Tekanan ban dapat diperkirakan dengan melihat bentuk ban. Namun anda harus terbiasa dan terlatih melihat bentuk ban dengan tekanan udara yang tepat. Perhatikan bentuk dan panjang bidang kontak antara ban dan jalan yaitu untuk melihat kekembungan atau kekempisan ban. Sebaiknya dilakukan dari depan samping.
* Untuk memeriksa tekanan ban kendaraan berat atau dalam keadaan gelap cara yang praktis dan efektif adalah dengan pukulan. Pukullah ban dengan palu, atau tendanglah ban dengan kaki, sambil perhatikan bunyi dan kekerasan pantulan yang dapat dirasakan oleh tangan atau kaki. Cara ini juga memerlukan kebiasaan dan latihan membandingkan dengan ban yang tekanan udara nya tepat. Ban yang kurang tekanannya akan memberikan bunyi yang berat dengan pantulan yang ringan.

Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply
#7
Tanda-tanda Kampas Rem Aus

Perhatikan Bila Rem anda sudah tidak begitu menggigit

Kampas rem adalah peranti yang sering terabaikan, padahal jika aus fungsi rem kurang optimal. Jika sampai tidak diketahui rem bisa blong dan berakibat fatal. Untuk mendeteksinya bisa dilakukan dengan gampang tanpa harus membongkar teromol atau kaliper terlebih dahulu. Bagaimana cara mengetahui tanda-tandanya ? Lakukan hal berikut ini

1. Saat kaki menginjak pedal untuk melakukan pengereman, apabila terdengar bunyi-bunyian dan terasa aneh sebaiknya segera diperiksa.
2. Kalau pedal diinjak makin dalam tandanya kampas sudah menipis, apalagi bila diinjak sampai mentok baru ada reaksi pengereman.
3. Bila pedal diinjak diikuti dengan bunyi berdecit secara terus menerus selama pedal rem diinjak, bisa dipastikan kampas rem harus diganti.
4. Bila roda depan dan belakang ikut bergetar saat pengereman biasanya paku klem yang berfungsi mengikat kampas, dipastikan sudah menyentuh teromol.
5. Jika dipastikan tanda-tanda tersebut di atas terjadi pada mobil anda, segera bawa mobil anda ke bengkel untuk mengganti kampas remnya agar anda terhindar dari kecelakaan mobil karena rem yang bermasalah.
Reply
#8
Mengobati Luka Cat Mobil

Jakarta yang padat amat riskan bagi kendaraan Anda. Bodi kendaraan mudah cacat.

Jakarta yang padat amat riskan bagi kendaraan Anda. Bodi kendaraan pun mudah cacat. Terutama oleh perilaku kendaraan angkutan umum seperti mikrolet, bajaj atau bus. Belum termasuk beberapa jalan di pinggiran Ibukota yang penuh kerikil. Senggolan angkot dan lontaran batu dapat menyebabkan cat mobil Anda cacat, bahkan mengelupas. Bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan luka lebih serius di bodi. Bahkan bisa mendatangkan karat yang menjalar kemana-mana.

Inilah obat untuk cat mobil yang cacat :

1. Bila bodi hanya tergores gunakan kompon putih yang bisa dibeli di bengkel. Dengan menggunakan bahan majun (kaus) olesi bagian yang cacat. Diamkan sekitar satu menit. Lalu gosok dengan kaus bersih sampai goresan hilang. Untuk mengembalikan kilap, olesi dengan bahan poles yang biasa dijual bengkel.
2. Kalau kulit (permukaan) cat mengelupas hingga tampak dempulnya, tutup bagian tersebut dengan cat sesuai warna kendaraan Anda. Gunakan kuas kecil. Setelah kering, olesi dengan kompon kuning. Lalu, lap berkali-kali dengan bahan kaus. Langkah berikutnya memoles dengan kit pengilap bodi.
3. Untuk kerusakan agak berat hingga cat dasar agak terkoyak, amplaslah bagian tersebut hingga benar-benar bersih untuk mencegah timbulnya korosi. Cat lebih dulu dengan bahan antikarat. Tunggu hingga kering. Lantas lapisi dengan cat dasar. Lalu poles dengan warna aslinya. Sesudah kering, olesi dengan kompon putih. Gosok-gosok hingga warnanya serupa dengan cat lama. Jangan langsung mencuci mobil setelah diparkir atau dipakai dalam cuaca yang panas, karena bisa merusak cat.

Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply
#9
Memilih Kampas Rem Berkualitas

Pemakaian kampas rem yang bagus dan berkualitas menunjang fungsi kerja rem

Kampas rem mempunyai peran yang penting dalam melindungi keamanan pengemudi. Pemakaian kampas rem yang bagus dan berkualitas menunjang fungsi rem untuk melindungi keselamatan dan keamanan penumpang. Untuk itu butuh ketelitian dan kesabaran untuk memilih kampas rem yang berkualitas dari berbagai pilihan merek. Pilihlah produk yang bermutu dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

* Pilihlah kampas rem dengan kontur pelat yang halus dan rapi. Hal itu menunjukkan presisi produk dan kinerjanya. Pinggiran pelat yang halus membuat kampas rem bisa bergerak tanpa halangan saat terpasang di kaliper.
* Pilihlah kampas rem yang memiliki kandungan metal lebih sedikit. Hal itu bisa anda lihat dari warna yang muncul di permukaan. Kandungan metal bisa tampak dari kilauan logam pada permukaan.
* Jangan memilih kampas rem yang ada goresan-goresan atau serat-seratnya yang keluar jalur. Lapisan kampas harus solid, proses cuttingnya jangan sampai menyebabkan serat-seratnya keluar jalur.
* Perhatikan marking yang terdapat pada komponen. Dari situ anda akan mendapatkan petunjuk keaslian produk. Kampas rem yang asli pada umumnya ditandai oleh kode produksi yang dicetak rapi. Misalnya dalam bentuk ketrikan atau embos.
* Perhatikan dengan baik kondisi kampas rem, jangan sampai anda membeli yang retak.

Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply
#10
Bersih dan Rapi Saat Mereparasi Mobil

Perhatikan kebersihan dan kerapihan garasi Anda

Mobil pribadi ibarat sahabat setia bagi pemiliknya. Sehingga tak jarang, banyak pemilik kendaraan pribadi yang memilih meluangkan waktu di garasi rumahnya untuk melakukan pekerjaan reparasi maupun service ringan bagi mobilnya tanpa harus pergi ke bengkel. Untuk itu kebersihan & kerapian garasi sebagai tempat kerja Anda juga perlu diperhatikan seperti berikut :

1. Sebelum memulai pekerjaan persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang Anda butuhkan dengan rapi dan lengkap. Gunakan sarung tangan dan tatakan baju agar tidak kotor oleh tumpahan minyak / oli. Jika Anda bekerja di bawah kendaraan gunakan alas untuk badan.

2. Tempatkan peralatan dan bagian-bagian yang akan dilepaskan pada tempat tersendiri sehingga tidak berceceran dan hilang saat Anda membutuhkannya.

3. Selama melakukan pekerjaan perhatikan selalu kebersihan , waspadai tumpahan cairan dan noda seperti :

*Tetesan noda oli dan bahan bakar harus langsung dibersihkan dengan kain lap
*Tetesan cairan rem dapat merusak lapisan cat mobil dan lantai untuk itu harus langsung dibilas dengan air.

4. Apabila melakukan pekerjaan di dalam mobil perhatikan hal berikut :

*Pasang lapisan pelindung pada kursi kendaraan agar tidak kotor.
*Bila tangan Anda kotor, cucilah terlebih dahulu agar tidak mengotori bagian dalam mobil.
* Bila pakaian Anda kotor, kenakan alas pada baju agar kotorannya tidak ikut menempel pada bagian dalam mobil.

5. Setelah melakukan pekerjaan jangan lupa membersihkan bekas-bekas kotoran yang menempel pada bodi kendaraan dengan kain lap dan air sabun. Perhatikan bagian pada pegangan pintu, kemudi, tuas rem tangan, tangkai transmisi, dan bagian-bagian kendaraan lain yang terpegang oleh tangan Anda yang kotor. Jika perlu cuci saja kendaraan Anda secara keseluruhan.

Disajikan Oleh : http://www.oto.co.id
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Melihat Review Singkat Mobil Mobil Termurah Yang Pernah Ada aristanovie 5 610 10-05-2016, 03:24 PM
Last Post: kijang merah
  Mobil-mobil Mewah endipiran 0 420 09-05-2011, 11:19 AM
Last Post: endipiran
  Trik Hemat Perawatan Mobil baru viscomica3 0 442 03-05-2011, 08:36 AM
Last Post: viscomica3

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)
Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2014 by Adimin | Fan Page | Group | Twitter | Google+ | Instagram