Thread Rating:
  • 6 Vote(s) - 3.33 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Hukum Menyiram & Tabur Bunga Di Kuburan
#1
Dalam sebuah riwayat, Rasulullah saw memerciki kuburan puteranya tercinta Ibrahim dengan air dan meletakkan daun-daunan yang segar di atasnya (Riwayat Imam Syafi'i, Nailul Authar : 4/84).

Berdasarkan riwayat di atas menyiram air di atas kuburan dan meletakkan daun-daunan yang hijau (segar) hukumnya sunnah, khususnya untuk kuburan yang baru ditimbun.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah meletakkan pelepah kurma segar yang dibelah dua di atas dua buah kuburan lalu berkata "Semoga sang penghuni kubur diringankan dari siksaannya selama pelepah ini belum kering".

Meskipun menaburkan bunga di atas kuburan tidak ada dalil yang jelas, namun ada kemiripan dengan tindakan Rasulullah tersebut.

Tujuannya mungkin semoga tumbuh-tumbuhan yang segar tersebut selama belum kering bisa mendo'akan penghuni kubur, mengingat apa yang kita yakini bahwa segala sesuatu yang hidup di dunia ini senantiasa melantunkan tasbih kepada Allah swt termasuk tumbuh-tumbuhan yang hijau dan segar.
Reply
#2
ndan, mau nanya dong,
haditsnya sahih / nggak? bukannya apa-apa sih, tetapi yg namanya ziarah kubur dalam islam kan hanya untuk saling mengingatkan bahwa kita nanti akan mati.

Untuk urusan tabur menabur, baik itu daun, bunga atau apapun lah,
bukannya itu justru tradisi dari umat sebelum islam masuk ke indonesia, seperti hindu misalnya?
Reply
#3
saya lengkapin deh.

Ibnu Abbas r.a katanya: Ketika Rasulullah s.a.w melalui dua buah kubur, baginda bersabda: Ingatlah, sesungguhnya dua mayat ini sedang disiksa, tetapi bukan karena melakukan dosa besar. Seorangnya disiksa karena dulunya dia suka membuat fitnah dan seorang lagi disiksa karena tidak membersihkan dirinya dari air kencingnya. Kemudian baginda meminta pelepah kurma lalu dibelahnya menjadi dua. Setelah itu beliau menanam salah satunya pada kubur yang pertama dan yang satu lagi pada kubur yang kedua sambil bersabda: Semoga pelepah ini boleh meringankan siksanya, selagi ia-nya belum kering. Nomor hadis : 439 (Dalam sahih Muslim)
Reply
#4
brainwashed Wrote:saya lengkapin deh.

Ibnu Abbas r.a katanya: Ketika Rasulullah s.a.w melalui dua buah kubur, baginda bersabda: Ingatlah, sesungguhnya dua mayat ini sedang disiksa, tetapi bukan karena melakukan dosa besar. Seorangnya disiksa karena dulunya dia suka membuat fitnah dan seorang lagi disiksa karena tidak membersihkan dirinya dari air kencingnya. Kemudian baginda meminta pelepah kurma lalu dibelahnya menjadi dua. Setelah itu beliau menanam salah satunya pada kubur yang pertama dan yang satu lagi pada kubur yang kedua sambil bersabda: Semoga pelepah ini boleh meringankan siksanya, selagi ia-nya belum kering. Nomor hadis : 439 (Dalam sahih Muslim)
Thanks ndan..
Reply
#5
jadi taruh saja pelepah kurma jangan bunga
Reply
#6
saya juga pernah pelajari hadits di atas....
terlepas dari itu semua.. yang bisa meringankan siksaan alam qubur adalah salah satunya... doa anak yg saleh kepada orang tuanya....
Reply
#7
Ya KALAU nABI YG NGEDOAIN MUNGKIN MUJARAB ATO MANTEP.
Kalau menurut saya menabur bunga adalah " Kuburan identik dengan seram dan terbayang bau mayat yg membusuk, jadi untuk menyiasati ato mengalihkan pikiran kita ke bau- bau yg ga di inginkan ya di ganti dengan bau bunga- bunga yg memang wangi. Dengan begitu kita tidak malas ke kuburan untuk ziarah, karena inti dari ziarah kubur adalah untuk mengingatkan kita akan kematian, supaya kita siap setiap saat untuk di kubur, sekarang tergantung kita masing masing "
Maaf kalau ngawur, karena kalau kita beranggapan sakral dg bunga-bunga nanti menjadi musrik.
Reply
#8
uday Wrote:Ya KALAU nABI YG NGEDOAIN MUNGKIN MUJARAB ATO MANTEP.
Kalau menurut saya menabur bunga adalah " Kuburan identik dengan seram dan terbayang bau mayat yg membusuk, jadi untuk menyiasati ato mengalihkan pikiran kita ke bau- bau yg ga di inginkan ya di ganti dengan bau bunga- bunga yg memang wangi. Dengan begitu kita tidak malas ke kuburan untuk ziarah, karena inti dari ziarah kubur adalah untuk mengingatkan kita akan kematian, supaya kita siap setiap saat untuk di kubur, sekarang tergantung kita masing masing "
Maaf kalau ngawur, karena kalau kita beranggapan sakral dg bunga-bunga nanti menjadi musrik.
kembali ke diri kita masing-masing, klo mau ngikutin ajaran beliau Muhammad Saw 100 % memang kita masih banyak sekali kekurangannya......tetapi insya allah dengan adanya forum ini menjadikan wawasan kita bertambah......
yang mau tabur bunga yah biarinlah....toh rasulullah senang dengan wewangian , asal jangan buang sampah sembarangan aja di kuburan.
yang mau membersihkan makam juga biarin...karena bersih katanya sebagian dari iman.....
Reply
#9
Semuanya.. Top
Reply
#10
and you Wrote:jadi taruh saja pelepah kurma jangan bunga
pelepah kurma apa emang ada dull di indonesia??? fbtongue

yg mau ziarah bunga silahkan ygga mau juga monggo... jgn mudah keluar kata sesat dari mulut kita untuk org lain.


budaya tebar bunga untuk kubur bagi org2x islam di indonesia / pulau jawa diilhami oleh kejadian/ sejarah walisongo dan siti jenar... dimana ketika siti jenar meninggal... jasadnya bau harum bunga dan darahnya menjadi seputih melati...

maknanya : tabur bunga di kuburan itu adalah agar para penziarah tidak melihat/memperbincangkan ahli kubur yg jelek2xnya ... tapi membicarakan yg harum/ kebaikan2x para ahli kubur itulah yg harus diutamakan
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Hukum Orang Yang Memakan Riba amzn 7 2.456 20-05-2014, 01:33 PM
Last Post: lembutwati
  Bunga Utang, Haram Dan Bebani Apbn amzn 0 883 26-06-2013, 01:56 PM
Last Post: amzn
  Hukum Allah Di Negara Kafir faruqditera 0 859 18-03-2013, 02:13 PM
Last Post: faruqditera

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)
Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2014 by Adimin | Fan Page | Group | Twitter | Google+ | Instagram