Thread Rating:
  • 8 Vote(s) - 3.38 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sikat Gigi Saat Puasa, Boleh Enggak Sih?
#1
[Image: 1752117p.jpg]


JAKARTA, KOMPAS.com - Berpuasa sepanjang hari, tak hanya menghadirkan lapar dan dahaga. Bau mulut, juga menjadi persoalannya. Jika di hari non puasa kita bisa menyikat gigi di tengah hari, bagaimana di saat puasa? Bolehkah menyikat gigi untuk mengatasi baunya?

Ustad H. Ahmad Zacky, yang biasa disapa Bang Zack, mengutarakan, boleh tidaknya menyikat gigi atau berkumur saat berpuasa masih terjadi keragaman pendapat. Ada yang mengatakan boleh, ada pula yang berpendapat tidak boleh.

"Tetapi, sebagian besar ulama mengatakan hukumnya makruh karena bisa mengurangi pahala puasa. Sebab, jika menyikat gigi bisa saja tanpa sengaja ada yang mengalir ke tenggorokan," ujar Bang Zack, dalam acara buka bersama Pepsodent Herbal, Selasa (25/8), di Crown Hotel, Jakarta.

Bang Zack kemudian menceritakan sebuah kisah di masa Rasulullah Muhammad SAW. Kala itu, ada seorang hakim yang bertanya pada Rasul, apakah dia diperbolehkan berkumur di siang hari saat Ramadhan. Alasan sang hakim, ia seorang pelayan publik dan berhadapan langsung dengan masyarakat umum.

Menjawab pertanyaan ini, ia mengungkapan, meskipun diyakini hukumnya makruh, segala sesuatu dikembalikan pada niat yang melakukannya. Kutip Bang Zack, Rasul pada intinya mengatakan, "Serahkan pada hati dan niatmu. Tanya pada hati dan kembalikan ke niat," kata Bang Zack.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr. drg. Melanie Sadono Djamil menambahkan, menjaga kesegaran mulut saat berpuasa sama pentingnya dengan menjaga mulut dari kata-kata yang tidak bermanfaat. Salah satu penyebab bau mulut adalah berkurangnya intensitas mengunyah yang mengakibatkan bakteri masih bertahan di rongga mulut.

"Selama bulan puasa, kegiatan mengunyah kan tidak ada. Kegiatan mengunyah itu juga bagian dari cleansing. Nah, selama puasa, kita kan hanya menelan liur saja sehingga bakteri tetap ada," ujar Melanie.

Jadi, kembali lagi kepada masing-masing pribadi mau tetap sikat gigi siang hari atau tidak.



Sumber
Reply
#2
yang penting niatnya ndan,
klu niatnya sambil curi2 minum yaaa batal deyh ...
Reply
#3
(25-08-2009, 11:19 PM)mustaffa711 Wrote: yang penting niatnya ndan,
klu niatnya sambil curi2 minum yaaa batal deyh ...

Apakah kita gosok gigi karena kebersihan atau karena haus..
Bila kita gosok gigi sehabis Buka dan Sahur, pasti satu hari itu gigi kita masih bersih..
Gak perlu bolak-balik gosok gigi.. kan kita gak makan apa-apa?
Reply
#4
klo yg gw tau....
gosok gigi pada saat puasa boleh2 aja....
tapi hukum nya makruh jadinya ndan...

tuk info jelas lg tanya langsung ke pak ustad
Reply
#5
Yang penting niatnya aja... Kl emang bener2 mo sikat gigi... Y fokus aja ma gigi yang di bersihin... jangan dimasukin tuh air pas kumur... Sama aja bo`ong... Hehehe
Reply
#6
Boleh aja kan buat bersih2 ... Kebersihan itu Bagian dari Iman. Smile
Reply
#7
ini jg sering jdi pertanyaan gw...
cz gw srg telat sahur n pasti gosok gigi pas mandi pagi...
'cba klo gak sikat gigi.. wah berabe kn?!'
tpi bner jga... emank tergantung niat...


Blah
Reply
#8
asal jangan bagai pepatah.....

sambil sikat gigi, minum air....
Reply
#9
Wah gue banget tuh

abis kalo sebelum imsak males gosok giginya

hehehehe

thanks infonya ndan
Reply
#10
Tapi klo emg gag sikat gigi mulut jadi bauk sech. Tergantung niat sndri.
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  Kerja Keras Pemerintah Ciptakan Harga Pangan Murah di Bulan Puasa Mohammed07 0 95 21-06-2016, 10:47 AM
Last Post: Mohammed07
  Model Vans Original Tipe Classic Slip On Terbaru, Bagus Gk sih? tkjprakerin 1 169 28-04-2016, 06:37 PM
Last Post: Davidback
  Susah Gak Sih, Membeli dan Memilih Model Pakaian Wanita? Coba Tips nya dulu! tkjprakerin 1 177 14-04-2016, 10:30 AM
Last Post: startupjobs

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)
Forum Bebas Indonesia
Demokrasi & Kebebasan temukan jalannya!
Respecting others will make you happy here
© 2004-2014 by Adimin | Fan Page | Group | Twitter | Google+ | Instagram